Kamis, 30 Juli 2015

Resep Cara Membuat Ikan Belut Bakar Spesial Enak

Resep Cara Membuat Ikan Belut Bakar Spesial Enak - Kita tentu sudah tidak asing dengan jenis ikan yang satu ini, yaitu ikan belut. Ikan belut merupakan jenis ikan yang hidup di lumpur dan mempunyai bentuk tubuh seperti ular. Ikan jenis ini merupakan ikan yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Karena kita dapat menemukan ikan belut di pasar tradisional dan juga bahkan di jual oleh tukang sayur keliling. Ikan jenis ini juga mempunyai cita rasa yang sangat enak dan lezat jika disajikan dengan baik dan benar. Selain mempunyai cita rasa yang enak. Ikan belut juga mempunyai banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya kandungan zat besi yang ada di ikan belut terbukti dapat mencegah penyakit anemia. Ikan belut juga dapat dijadikan berbagai macam jenis masakan yang istimewa. Namun kali ini saya akan membahas cara membuat ikan belut bakar spesial yang enak dan lezat.

Keunggulan lain dari makanan ini ialah cara memasaknya yang tidak terlalu sulit dan juga bahan-bahannya yang mudah kita dapatkan karena menggunakan rempah-rempah nusantara. Walaupun makanan ini terbilang murah meriah, namun cita rasa makanan ini tidak kalah dengan makanan lainnya. Hal itu terbukti banyaknya usaha kuliner yang menjadikan makanan ini sebagai menu andalannya. Nah supaya pembahasan kita tidak melebar jauh, langsung simak artikel ini

Ikan Belut Bakar
Nah bagi sobat pengemar ikan belut bakar, kali ini saya akan berbagi informasi tentang cara membuat ikan belut bakar spesial yang enak dan lezat. Bagi sobat yang ingin mencoba membuat ikan belut bakar sendiri di rumah silahkan simak selengkapnya artikel berikut ini.

Resep Ikan Belut Bakar Spesial Enak

















Bahan/bumbunya :

  • 1/2 sdm air jeruk nipis
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam halus
  • 2 ekor belut
  • 3 siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 sdt merica halus
  • 2 sdm kecap manis




Cara Membuat Ikan Belut Bakar Spesial Enak
  • Belah ikan belut dan buang kepala dan bagian ekornya kemudian cuci sampai bersih lalu dipukul-pukul supaya agak empuk.
  • Lumuri belut dengan garam, merica, bawang putih, air jeruk, minyak goreng lalu diamkan selama kurang lebih 10 menit supaya bumbu bisa meresap.
  • Panggang ikan belut sampai setengah matang kemudian lumuri atau celupkan pada kecap manis lalu panggang kembali sampai matang dan lezat.
  • Sajikan ikan belut panggang ini dengan ditemani sambal dan lalapan untuk dibuat lauk makan nasi.
Nah bagaimana sobat? mudah bukan cara membuatnya? Adapu  Manfaat Ikan belut bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

Manfaat Ikan Belut

Arginin
Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan yang paling ditakuti, termasuk penyakit payudara. Penyakit ini begitu ditakuti oleh kebanyakan wanita. Arginin yang terkandung didalam belut memiliki fungsi yang penting yaitu melakukan penghambatan terhadap pertumbuhan sel kanker payudara. Dan bagi kita yang sangat sayang akan kesehatan jantung, maka sebaiknya mengkonsumsi belut, karena dengan mengkonsumsi belut dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung, dan juga penyempitan pembuluh darah.

Kaya Vitamin
Belut juga bagus untuk kesehatan mata, perkembangan fungsi jaringan saraf, membantu membentuk protein, hormone serta membantu menormalkan tekanan darah pada otak. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena pembekuan darah pada otak, yang merupakan manfaat vitamin B pada belut. Selain itu, manfaat vitamin A mencapai 1600 SI pada belut, yang berguna bagi pertumbuhan, kesehatan mata dan juga sistem reproduksi.

Kalori
Kalori yang terkandung dalam belut juga sangat tinggi, kalori yang tinggi membantu memenuhi kebutuhan tubuh untuk melakukan aktivitas didalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga harus berhati-hati jika menyandingkan masakan belut dengan manfaat nasi putih yang memiliki banyak karbohidrat.

Demikian Artikel tentang Resep Cara Membuat Ikan Belut Bakar Spesial Enak. Selamat mencoba membuat ikan belut bakar sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.

Resep Cara Membuat Ikan Belut Bakar Spesial Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar