Kamis, 30 Juli 2015

Resep Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak

Resep Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak - Kita tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini, yaitu jamur. Jamur merupakan jenis fungi yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Jenis jamur pun banyak macamnya, namun tidak semua jamur dapat dijadikan masakan yang enak dan baik bagi tubuh kita. Ada jamur yang dapat membuat kita menjadi keracunan. Nah kali ini saya akan membahas jenis jamur yang sudah banyak di kenal oleh masyarakat, yaitu jamur tiram. Jamur tiram merupakan jenis jamur yang aman untuk di makan dan baik bagi tubuh kita. Jamur ini juga mempunyai cita rasa yang khas jika dimasak dengan baik dan benar. Selain mempunyai cita rasa yang enak, jamur tiram juga mempunyai banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya jamur tiram dapat menurunkan kolesterol karena jamur merupakan makanan yang rendah kolesterol. Jamur tiram juga dapat dijadikan berbagai macam masakan yang enak dan lezat. Namun, kali ini saya akan membahas cara membuat sate jamur tiram bumbu kecap spesial yang enak dan lezat.

Keunggulan lain dari makanan ini ialah cara memasaknya yang tidak terlalu sulit dan juga bahan-bahannya yang mudah kita dapatkan karena menggunakan rempah-rempah nusantara. Walaupun makanan ini terbilang murah meriah. Namun cita rasa sate jamur ini tidak kalah dengan sate-sate lainnya. Hal tersebut terbukti banyaknya usaha kuliner yang menjadikan makanan ini sebagai menu andalannya. Nah supaya pembahasan kita tidak melebar terlalu jauh langsung simak artikel ini.

Sate Jamur Tiram
Nah bagi sobat penggemar sate jamur, kali ini saya akan berbagi informasi resep cara membuat sate jamur tiram bumbu kecap spesial yang enak dan lezat. Bagi sobat yang ingin mencoba membuat sate jamur tiram bumbu kecap sendiri di rumah silahkan simak selengkapnya resep berikut ini.

Resep Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak




















Bahan/bumbunya :
  • 400 gr Jamur Tiram (Oyster Mushroom, Hiratake)
  • Kecap Manis Seperlunya
  • Margarin Sekitar 2 sendok makan
  • Minyak Goreng Seperlunya
  • Arang Bakar Seperlunya
  • Bawang Merah Sekitar 8 butir
  • Bawang Putih Sekitar 4 siung
  • 15 Cabai (Cabe) Rawit Hijau
  • Garam Sekitar 1 sendok teh

Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak
  • Pertama garam, bawang merah dan putih diuleg sampai halus lalu ditumis sampai berbau harum.kalau sudah sobat bisa menambahkan kecap manis ke dalam wajan, aduk sebentar.
  • Nah kalau sudah silakan jamur tiramnya di masukan dan masak sampai kandungan air di Jamur mulai mengering. Kalau sudah bisa di angkat dan sisihkan dulu
  • Membuat saus Oles Sate Jamur
  • Untuk membuat resep ini Silakan uleg cabai kemudian tumis dengan margarin. Kemudian tambahkan kecap manis, Masak sebentar dan angkat
  • Kalau bumbu sudah matang yuk ambil lagi jamur tiramnya yang sudah di tumis, Silakan di tusuk dengan tusukan sate sampai habis
  • Bakar sate jamur ini dengan arang sambil di olesi dengan bumbu oles ( Point 3 ). Silakan di bakar sampai beraroma wangi namun jangan sampai gosong
  • Terakhir sate jamur tiram siap di hidangkan.
Nah bagaimana sobat? mudah bukan cara membuatnya? Adapun Manfaat jamur tiram bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

Manfaat Jamur tiram

Menurunkan kolesterol
Seperti yang telah disebutkan diparagraf atas bahwa jamur adalah makanan yang rendah kolesterol sehingga amat bagus bagi penderita kolesterol agar bisa menjadi asupan herbal nan sehat. Untuk Anda yang belum menderita penyakit kolesterol, jamur tiram juga mampu mencegah kolesterol tinggi. Jadi tidak ada salahnya Anda mulai memperhatikan nutrisi jamur tiram sebagai olahan sehat keluarga Anda.

Antibakterial dan antitumor
Dalam suatu penelitian, jamur tiram dipercaya mampu menghindarkan kita dari beberapa bakteri berbahaya dan penyakit tumor. Untuk lebih jelasnya, kandungan penting yang terdapat dalam jamur tiram adalah protein nabati, kalsium, asam amino, valun, vitamin C dan masih banyak lainnya. Zat penting inilah yang membawa kebermanfaatan jamur tiram untuk menghindarkan Anda pada beberapa penyakit berbahaya. Anda bisa mengolah jamur tiram dengan menu olahan sesuai selera Anda. Dengan catatan, Anda tahu benar cara memasaknya, sehingga tidak menjadi toksin dalam tubuh.

Penghasil enzim
Jamur tiram memiliki fungsi sebagai produsen enzim hidrolisis dan enzim oksidasi dalam tubuh, maka akan sangat baik dikonsumsi karena mamberikan pengaruh baik pada proses pembentukan energi tubuh. Tidak hanya pada saat Anda sedang melakukan kegiatan padat, melainkan juga pada saat Anda beristirahat.

Demikian Artikel tentang Resep Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak. Selamat mencoba membuat sate jamur tiram bumbu kecap sendiri di rumah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjuung di blog ini.

Resep Cara Membuat Sate Jamur Tiram Bumbu Kecap Spesial Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

0 komentar:

Posting Komentar