Kamis, 30 Juli 2015

Resep Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Renyah Lezat

Resep Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Renyah Lezat - Kita tentu sudah tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini, yaitu jamur. Jamur merupakan jenis fungi yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Jamur juga mempunyai banyak jenis dari yang bisa dimakan sampai yang berbahaya dan beracun. Jenis jamur pangan seperti jamur tiram, jamur kuping, jamur merang dan sebagainya. Nah kali ini saya akan membahas tentang jamur yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat, yaitu jamur tiram. Jamur tiram merupakan jenis jamur pangan yang mempunyai bentuk menyerupai cangkang tiram dan mempunyai warna cream. Jenis jamur ini memang terkenal mempunyai cita rasa yang paling enak dan lezat dari jamur-jamur lainnya. Selain mempunyai cita rasa yang enak. Jamur tiram juga mempunyai banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita, seperti dapat menurunkan kandungan kolesterol karena jamur tiram merupakan makanan yang renah kandungan kolesterolnya, jamur tiram juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti anemia, diabetes, lever, dan lainnya. Jenis jamur ini juga dapat dijadikan berbagai macam masakan, seperti sate jamur tiram, jamur tiram crispy, jamur tiram kuah, dan sebagainya. Namun yang paling sederhana cara membuatnya yaitu jamur tiram crispy. Nah di kesempatan kali ini saya akan membahas resep cara membuat jamur tiram crispy yang enak dan renyah.

Keunggulan lain makanan ini ialah cara memasaknya yang tidak terlalu sulit dan juga bahan-bahannya yang mudah kita temukan di pasaran. Karena menggunakan rempah-rempah nusantara. Walaupun makanan ini terbilang murah meriah. Namun cita rasa makanan ini tidak kalah dengan makanan lainnya. Hal tersebut terbukti banyaknya usaha kuliner yang menyajikan makanan ini sebagai menu andalannya. Nah supaya pembahasan kita tidak melebar terlalu jauh, langsung simak resep berikut ini.


Nah bagi sobat penggemar jamur tiram crispy, kali ini saya akan berbagi informasi tentang resep cara membuat jamur tiram crispy yang enak dan renyah. Bagi sobat yang ingin mencoba membuat jamur tiram crispy sendiri di rumah silahkan simak selengkapnya resep berikut ini.

Resep Jamur Tiram Crispy Lezat
















Bahan/bumbunya :

  • Seperti namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah 400 gram jamur tiram kualitas bagus. Cuci bersih jamurnya kemudian diperas supaya kadar airnya berkurang lalu potong acak menggunakan tangan (suwir suwir) besar sesuai ukuran yang diinginkan.
  • Tepung maizena kurang lebih sebanyak 50 gram untuk bahan pelapisnya.
  • Kaldu ayam instan yang berbentuk bubuk untuk bahan pelapisnya kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil supaya rasa jamur tiram kriuknya lebih gurih
  • Garam dapur beryodium secukupnya.
  • Air bersih secukupnya untuk bahan pencelupnya.
  • Tepung terigu kualitas bagus kurang lebih sebanyak 600 gram. 500 gram nanti digunakan untuk membuat pelapis nya dan 100 gram untuk membuat bahan celupan.
  • Baking powder kurang lebih sebanyak 1/2 sendok teh untuk bahan pelapisnya dan 1 sendok teh untuk membuat bahan celupannya.
  • Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 siung. Kupas kulitnya lalu haluskan untuk bahan celupannya.
  • Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil/teh untuk bahan pelapisnya dan sedikit saja untuk campuran bahan celupannya. Bisa dihilangkan, ditambah atau dikurangi sesua selera.
Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Lezat
  • Langkah pertama adalah membuat bahan pencelupnya. Ambil satu wadah dan masukkan 100 gram tepung, baking powder, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dapur dan merica bubuknya.
  • Campur semua bahan sampai benar benar tercampur sempurna.
  • Beri air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 250 ml. Campur dan aduk aduk semua bahan sampai rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan bahan lain apabila diperlukan.
  • Sekarang membuat bahan pelapis resep jamurnya. Ambil satu wadah dan masukkan 500 gram tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, kaldu ayam, garam dan baking powdernya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  • Sekarang proses pembuatannya. Masukkan jamur tiram yang sudah dicuci ke dalam adonan celupannya.
  • Masukkan jamur tiram yang sudah dicelup ke dalam bahan pelapisnya. Gulirkan jamur tiram ke dalamnya smapi semua bahagian tertutup rata.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak agak banyak sampia benar benar panas.
  • Masukkan jamur tiram crispy yang sudah diberi bahan pelapis dan goreng sampai matang atau berwarna kuning agak kecoklatan. Tiriskan sebentar sebelum dihidangkan.
Nah bagaimana sobat? Mudah bukan cara membuatnya?? Adapun Manfaat Jamur Tiram bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

Manfaat Jamur Tiram

Membunuh nematoda
Nematoda adalah sejenis cacing yang bisa masuk kedalam usus manusia dan merusak sistem pencernaan. Untuk itu sebagai penangkalnya adalah dengan mengkonsumsi jamur tiram, karena dipercaya jamur tiram mampu membunuh nematoda yang hidup liar di usus manusia.

Mengurangi resiko jantung lemah
Penyakit jantung sering terjadi karena adanya peredaran darah yang tidak lancar sehingga membuat produksi darah tersumbat dan mengakibatkan tekanan jantung tidak stabil. Mulai dari penyakit jantung lemah hingga koroner bisa terjadi. Untuk itu jamur tiram bisa menjadi pencegah terjadinya jantung lemah. Karena kandungan gizi dalam jamur tiram mampu menormalkan atau menstabilkan tekanan dan produksi darah dalam jantug.

Mengatasi penyakit liver
Penyakit liver lebih sering disebabkan karena sudah tidak berfungsinya hati sebagai penawar racun, sedangkan jamur tiram yang berfungsi sebagai antibakterial dan antitumor mampu menjadi penawar racun dalam tubuh. Oleh karena itu jamur tiram baik dikonsumsi oleh Anda dalam berbagai golongan usia, tentunya dengan syarat bahwa Anda tidak memiliki jenis penyakit yang melarang Anda untuk tidak mengkonsumsi jamur tiram.

Demikian Artikel tentang Resep Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Renyah Lezat. Selamat mencoba membuat jamur tiram crispy sendiri di rumah. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.


Resep Cara Membuat Jamur Tiram Crispy Renyah Lezat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

1 komentar: