Rabu, 05 Agustus 2015

Resep Cara Membuat Sop Ceker Ayam Spesial Enak

Resep Cara Membuat Sop Ceker Ayam Spesial Enak - Kita tentu sudah tidak asing dengan hewan yang satu ini, yaitu ayam. Ayam merupakan hewan unggas yang sangat mudah kita temukan di daerah kita. Di daerah indonesia sendiri jenis ayam banyak macamnya, seperti ayam kate, ayam bangkok, ayam kampung dan lainnya. Selain untuk di pelihara ceker ayam juga sangat enak dijadikan sajian yang lezat. Ayam juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia. Karena ceker ayam mempunyai cita rasa yang enak dan lezat jika dimasak dengan baik dan benar. Selain mempunyai cita rasa yang enak, ceker ayam juga mempunyai banyak kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita, seperti kandungan protein yang baik untuk pertumbuhan si buah hati. Ceker ayam juga dapat dijadikan berbagai macam jenis masakan, Namun kali ini saya akan membahas cara membuat sop ceker ayam spesial yang enak dan lezat. Makanan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat indonesia, biasanya makanan ini banyak disajikan saat hari-hari besar, seperti hari raya idul fitri, natal, dan saat kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman.

Keunggulan lain dari makanan ini ialah cara memasaknya yang tidak terlalu suit dan juga bahan-bahannya yang mudah kita temukan karena menggunakan rempah-rempah nusantara. Walapun makanan ini terbilang murah meriah. Namun cita rasa masakan ini tidak kalah enaknya dari sajian ceker ayam lainnya. Hal tersebut terbukti banyaknya usaha kuliner yang menyajikan makanan ini sebagai menu andalannya. Nah supaya pembahasan kita tidak melebar terlalu jauh langsung simak artikel ini.

Sop Ceker Ayam
Nah bagi sobat penggemar sop ceker ayam, kali ini saya akan berbagi informasi resep cara membuat sop ceker ayam spesial yang enak dan lezat. Bagi sobat yang ingin mencoba membuat sop ceker ayam sendiri di rumah silahkan simak selengkapnya artikel berikut ini.

Resep Sop Ceker Ayam Spesial Enak

Bahan/Bumbunya :
  • 1 batang seledri, diiris agak halus (1/2 cm)
  • 1 buah tomat, dibelah 4 bagian
  • 1/2 sendok teh merica
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Secukupnya garam
  • 8 buah ceker ayam yang sudah dibersihkan
  • 2 buah kentang, dipotong kotak dadu
  • 3 buah wortel, diiris bulat-bulat
  • 1 batang daun bawang, diiris 1 cm
  • 6 siung bawang putih
  • 4 buah bawang merah

Cara Membuat Sop Ceker Ayam Spesial Enak
  • Pertama rebuslah cakar / ceker ayam lalu buang air sebagian bekas rebusannya. sisihkan.
  • Selanjutnya diwadah lain tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi hingga harum.
  • Kemudian masukkan sayur ; wortel, kentang, tomat, merica, garam, Aduk-aduk sampai merata.
  • Lalu tuangkan air kedalam tumisan ini secukupnya (kuah ; banyak / sedikit tergantung anda), biarkan mendidih.
  • Terakhir masukkan ceker ayam, irisan daun bawang, seledri, cicipi rasa bumbunya, kalau kurang tambahkan, biarkan sampai matang dan ceker empuk.
Nah Bagaimana sobat?? mudah bukan?? Adapun Manfaat Ceker Ayam bagi kesehatan tubuh kita sebagai berikut :

Manfaat Ceker Ayam

Kandungan Dalam Ceker Ayam Tinggi Akan Kolagen
Sebuah penelitian yang dilakukan di Taiwan menunjukan jika ceker ayam memiliki kandungan kolagen yang begitu tinggi. Dengan demikian, hal ini berarti menu ceker ayam dapat dijadikan sebagai sumber zat kolagen alternatif selain daging sapi dan ikan laut. Untuk itulah, saat ini para ilmuwan tengah mengerjakan sebuah proyek yang berisi bagaimana cara menemukan tekhnik terbaik untuk mengestrak kolagen pada ceker ayam.
Seperti yang kita ketahui, kolagen memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mampu meremajakan kulit sehingga kulit terlihat lebih awet muda. Selain itu, manfaat dari ceker ayam juga dapat menguatkan sistem pembuluh darah sehingga peredaran darah dapat menjadi lebih lancar. Untuk itu tidak ada salahnya, mulai mengkonsumsi ceker ayam secara rutin. Apalagi saat ini ceker ayam bisa divariasikan menjadi kuliner yang lezat dan nikmat.

Kandungan zat Kapur yang Baik Untuk Kesehatan
Selain dua poin gizi diatas, ceker ayam juga mengandung zat kapur yang mana ini baik untuk mengatasi reumatik. Dengan demikian para penderita reumatik amat dianjurkan untuk mengkonsumsi ceker ayam secara teratur sebab kandungan zat kapurnya yang baik dalam mengatasi sakit yang dideritanya.

Simak juga artikel terkait berikut ini :

Demikian Artikel tentang Resep Cara Membuat Sop Ceker Ayam Spesial Enak. Selamat mencoba membuat sop ceker ayam sendiri di rumah. Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog ini.


Resep Cara Membuat Sop Ceker Ayam Spesial Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin

6 komentar: